Tingkatkan Produktivitas Pertanian, BBPP Binuang Gunakan Biotron

Pelaihari, lintasbanua.com – Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman telah meminta seluruh insan pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan dengan meningkatkan produktivitas padi dan jagung.

“Indonesia akan berdaulat dan menjadi negara pengekspor. Dalam waktu dua sampai tiga tahun ke depan kita bisa swasembada, tidak impor pangan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP)Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi menjelaskan, Biotron merupakan perpaduan antara biochar dengan pupuk organik dan agen hayati. Fungsi Biotron sendiri yakni menyediakan oksigen, air dan nutrisi. Dengan demikian Biotron akan menjadi rumah bagi mikroba penyubur tanah.

Kemudian pupuk organik akan membantu memperbaiki struktur dan PH tanah. Lalu agen hayati berfungsi mengendalikan organisme pengganggu tumbuhan.

Dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, dilaksanakan Demonstrasi Plot pada tanaman padi, sayuran, dan jagung pada lahan petani /kelompok seluas 0.5-10 ha/ di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut pada tanggal 24 Februari 2024.

Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian yakni dengan penggunaan Biochar Three In One (Biotron). Inovasi Biotron menjadi solusi disaat lahan pertanian mengalami penurunan kualitas baik aspek fisik. Kimia dan biologi.

“Biotron hadir menjadi pelayanan publik kementerian pertanian kepada petani. untuk menyukseskan Program peningkatan produksi padi dan jagung nasional yang digagas oleh Mentan Andi Amran Sulaiman,” ujar Budiono inovator biotron yang sekaligus Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Penyuluh Pertanian Lapangan Desa Sungai Riam, Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Sujayadi  pun mendorong rekan rekan kerjanya untuk membuat demoplot inovasi Biotron di lahan BPP Pelaihari dan lahan binaan masing masing dalam rangka mendukung program peningkatan produksi padi dan jagung.

“Penggunaan Biotron mampu menghemat pupuk subsidi hingga 20-60% secara bertahap, Tanpa harus mengurangi kebutuhan tanaman. Peran Biotron untuk menyimpan air, nutrisi/pupuk, rumah mikrobia, meremediasi racun dalam tanah, Serta membenahi pH tanah,” Pungkasnya.¬† (JK/AG/IRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *